Iqbal Suhaeb Lantik Direksi Perusda Kota Makassar

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Penjabat Walikota Makassar Iqbal Suhaeb melantik dan mengambil sumpah jabatan sejumlah pejabat dewan pengawas dan direksi Perusahaan daerah kota Makassar periode 2020 ~ 2024 diruang pertemuan sipakatau lantai 2 kantor Balaikota Makassar Jumat kemarin ( 31/1).

Pelantikan Jabatan direksi tiga perusahaan daerah pemerintah kota Makassa telah melalui proses seleksi panjang dengan mengedepankan prinsipil (merit system) yakni dengan proses seleksi terbuka (open recriutment) dengan melibatkan unsur perguruan tinggi, media serta lembaga profesional lainnya.

Iqbal menuturkan dengan adanya proses prinsipil merit systtem dengan seleksi terbuka, jabatan direksi perusahaan akan melahirkan jajaran direksi yang kualivaid , profesional serta memiliki jiwa enterpreneur. 

"Jabatan direksi merupakan fungsi managerial, dan visioner serta sarat dengan pengalaman. Hal ini akan membuat perusahaan semakin kuat , karena adanya dukungan dari manajemen direksi yang sehat, apalagi dengan adanya badan pengawas yang merupakan perpanjangan tangan dari Walikota," ujarnya.

Iqbal berharap kepada direksi yang baru saja dilantik dalam menjalankan tugas tugasnya sebagai direksi tidak hanya mengedepankan fun rising income tetapi mampu menjalankan regulasi perusahaan dengan baik. pengaturan serta penataan lalu lintas perlu ditata agar tertib.

"Contohnya pada perusahaan pasar ini sedikit terlalu gemuk jadi mungkin perlu penataan yang lebih bagus dan efisiensi, banyak pula pasar yang mengganggu badan jalan, ini sangat perlu ditata pedagangnya untuk tidak berdagang diluar pasar, pedagang perlu dimasukkan kedalam pasar agar tidak mengganggu arus lalu lintas ," jelasnya.

Namun hal yang lebih pentung lagi menurut Iqbal adalah bagaimama PD Pasar mengakses pembayaran sewa pasar dengan mendorong menggunakan E- Money 

"Saya harapkan PD pasar menggunakan pembayaran sewa pasar dengan menggunakan non cash, dengan adanya pembayaran seperti E Money diharapkan tingkat kebocoran semakin kecil dan perusahaan tidak saling curiga mencurigai," ungkapnya.

Selain itu Iqbal menekankan bahwa Perusda tidak boleh didalamnya ada unsur unsur KKN  

"Penting kami sampaikan kita kurangi KKN di Perusda disebagian perusda ada yang namanya nepotisme itu tidak bileh ada, agar operasional perusahaan dapat berjalan secara profesional," terangnya 

Usai melantik dan mengambil sumpah dilakukan penanda tanganan MoU antara direktur Utama PD parkir Irhamsyah gaffar dengan kepala Dinas DM PTSP kota Makassar Andi Bukti Jufri tentang pengelolaan penerbitan badan usaha perizinan parkir agar tidak ada ijin ijin pedestrian yang tidak menyiapkan lahan parkir 

Adapun ketiga direksi dan dewan pengawas yang dilantik dan diambil sumpahnya untuk Periode 2020 2025 sebagai berikut: 

PD Pasar Makassar Raya 

Direktur Pasar Makassar Raya Basdir 

Direktur Umum Nuryanto Dg Liwang 

Direktur Ops Saharuddin 

Dewan Pengawas Ketua Asisten 1, M Sabri 

Sekretaris Aminah Junaid 

Anggota Mansilya Anggi


Direksi PD Parkir Makassar Raya 

Direktur Utama H.Irhamsyah Gaffar 

Direktur Umum A. Fadly Fersiansyah 

Dirops Susuman Halim 


Dewan Pengawas Asisten II

Sekretaris : Muddasir Hasri Gani 

Anggota Drs Ma mur Said 


PD Terminal Makassar Metro 

Direktur Utama, Arsoni 

Direktue Umum, Muhammad Achyar Hamid 

Direktur operasional, Omar Abdallah Arifuddin

Dewan Pengawas, Asisten III

Sekretaris, Ilyas M Ali Arief 

Anggota, Ridwan Rosadi Umar. (p/yat)